Resep Ayam Betutu, Sajian Khas Bali yang Menggugah Selera

Posted on

Resep ayam betutu khas Bali, siapa yang tak kenal dengan kota yang satu ini. Daerah yang akrab dijuluki sebagai pulau dewata ini memang menyimpan sejuta pesona. Mulai dari keindahan alam, keberagaman budaya hingga keunikan kuliner sudah tidak bisa diragukan lagi. Siapapun yang datang ke Bali pasti akan selalu ingin kembali di lain waktu dan kesempatan. Tidak heran jika Bali menjadi destinasi liburan para turis domestik maupun mancanegara. Jika bicara kuliner, ada salah satu makanan khas Bali yang cukup melegenda dan banyak digemari hingga sekarang. Resep masakan Indonesia yang istimewa yaitu ayam betutu khas Bali.

Resep ayam betutu, ayam betutu khas Bali, cara memasak ayam betutu khas Bali, olahan ayam

Bali adalah salah satu pulau di timur pulau Jawa yang sangat terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Turis dari berbagai macam benua dan negara kerap kali mengunjungi pulau ini untuk sekedar berlibur. Bahkan ketik menyinggung Indonesia, Bali adalah salah satu hal pertama yang mereka pikirkan. Meskipun Bali sudah sangat kompleks dengan turis-turis mancanegara namun uniknya Bali tetap mempertahankan adat istiadat da budaya yang mereka punya sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Berbagai macam acara adat tetap dijalankan oleh masyarakat Bali sesuai dengan semestinya. Bahkan beberapa adat seperti ritual mesaiban atau ngejot yaitu ritual kecil yang dilakukan pada pagi hari dengan cara menyuguhkan makanan yang dimasak di sanggah (pura kecil) masih dilakukan setiap hari oleh masyarakatnya. Ritual ini merupakan bentuk terima kasih mereka atas karunia yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Hal-hal kecil seperti inilah yang menjadi daya tarik tersendiri pulau Bali dibandingkan dengan destinas-destinasi wisata lain.

Tidak hanya kental dengan budaya, keragaman dan keunikan kuliner khas Bali sudah tidak dapat diragukan lagi. Beberapa makanan memiliki kekhasan sendiri baik dari segi rasa, penampilan maupun cara membuatnya, jika dibandingkan dengan masakan-masakan dari daerah lain. Salah satu diantaranya adalah ayam betutu khas Bali yang sangat terkenal ini. Ayam betutu merupakan salah satu resep leluhur yang masih eksis hingga saat ini di Bali. Cara memasak dan sajian yang unik dari ayam betutu ini membuat banyak orang selalu merindukan makanan yang satu ini ketika ke Bali.

Resep ayam betutu khas Bali memiliki bahan-bahan, bumbu dan cara memasak yang berbeda dengan masakan ayam pada umumnya. Jika biasanya masakan ayam terdiri dari potongan bagian-bagian tertentu dari ayam yang kemudian dibumbui dan diolah sedemikan rupa, berbeda dengan masakan ayam betutu yang diolah dengan ayam yang masih dalam keadaan utuh dan tidak dipotong-potong, kemudian bumbu-bumbu dimasukan ke dalam perut ayam hingga meresap. Keunikan cara memasak ini menimbulkan rasa yang enak dan sangat istimewa.

Cara memasaknya pun cukup unik dimana ayam diberi bumbu yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam. Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran dan juga cita rasa yang unik karena memang hanya menggunakan sekam api.

Salah seorang pelopor kemunculan masakan ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar pada tahun 1976. Orang ini lah yang pertama kali menemukan resep ngeloha ayam yang cukup berbeda dari olahan ayam biasanya ini. Meskipun namanya ayam betutu, namun sebenarnya di Bali bahan utama pembuatan masakan ini tidak hanya daging ayam, namun bisa juga menggunakan bebek. Hal tersebut tergantung selera kita dan dimana kita membeli makanana yang satu ini.

Cara memasak ayam betut dari waktu ke waktu sebenarnya mengalami pergeseran cara. Pada zaman dahulu, ayam  betutu akan dimasakn dengan memberi bumbu pada ayam yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam. Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran dan juga cita rasa yang unik karena memang hanya menggunakan sekam api. Namun seiring berjalannya waktu, cara memasak ayam betutu zama sekarang sudah mengalami sedikit modifikasi yaitu pada teknik  pembakarannya. Saat ini ayam betutu yang telah diberi bumbu akan dibakar menggunakan alat-alat pembakaran modern hingga ayam empuk dan lunak dengan waktu yang tidak terlalu lama. Caranya adalah ayam dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus selama satu jam. Setelah dikukus, ayam kemudian dimasukkan menuju oven dan dipanggang hingga matang.

Setiap cara memasak ayam betutu pada dasarnya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pada cara memasak zaman dahulu, cara membakar ayam dengan menggunakan sekam menjadikan ayam betutu memiliki aroma yang khas dan lezat. Namun dengan cara tersebut pembakaran membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kurang efisien bagi para penjual makanan ini. Sedangkan cara memasak ayam betutu zaman sekarang memang memiliki kecanggihannya sendiri, memasak ayam betutu pun pada akhirnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun sayangnya, aroma sekam yang khas dan tradisional tidak bisa ditemukan disini.

Nah, setelah mengetahui berbagai cerita tentang Bali dan ayam betutu pasti kalian sudah sangat penasaran kan bagaimana resep dan cara membuat makanan ini? Tidak perlu berlama-lama lagi, simak resep lengkapnya dibawah ini ya!

Resep Ayam Betutu Khas Bali yang Sangat Menggugah Selera

Bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 1 ekor ayam kampung utuh (tidak perlu dipotong-potong)
  • 2 batang serai, kemudian ambil bagian putihnya, lalu memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus ayam yang akan dibakar)
  • Aluminium foil

Bumbuhalus yang dibutuhkan, meliputi:

  • 80 ml minyak  ( digunakan untuk menumis )
  • 15 buah cabai merah  ( dibuang bijinya )
  • 4 cm jahe
  • 4 cm kunyit  ( dibakar )
  • 4 cm lengkuas
  • 2 batang serai  ( ambil bagian putihnya saja )
  • 100 gram bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 4 butir kemiri  ( di goreng atau sangrai )
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1/2 sendok teh merica hitam
  • 2 sedok teh garam

Bahan pelengkap yang dibutuhkan, meliputi:

  • Nasi putih
  • Sambal Matah atau sesuai seler
  • Lalapan (sayur-sayuran segar)

Langkah-langkan Membuat Ayam Betutu Kas Bali Enak dan Istimewa

  1. Pertama, minyak goreng dipanaskan, lalu bumbu halus ditumis hingga tercium aroma harum dan matang, kemudian angkat dan sisihkan
  2. Kemudian, ayam dilumuri dengan bumbu hingga terbalur merata disemua bagian ayam, lalu diamkan semalaman agar bumbu meresap hingga ke dalam daging ayam
  3. Setelah itu tambahkan serai yang telah digeprek dan daun salam, kemudian bungkus dengan daun pisang yang telah disediakan, lalu bungkus kembali dengan aluminium foil agar daun tidak rusak ketika di bakar namun tetap mengeluarkan aroma khasnya ketika dimasak
  4. Keesokan harinya, ayam dikukus selama 2 jam ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Jika sudah lalu angkat
  5. Terakhir panggang ayam dalam oven bersuhu 185 derajat celcius selama 20 menit atau sampai matang, lalu angkat
  6. Ayam betutu khas Bali yang mengggugak selera siap untuk disajikan bersama tambahan bahan plengkapnya

Berikut tadi sudah disampaikan secara rinci resep ayam betutu khas Bali yang menggugah selera makan siapa saja yang melihatnya. Meskipun caraya cukup menyita waktu namun kelezatan masakan ini akan membayar semuannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sharing is caring!