Resep Ayam Taliwang Khas Lombok

Posted on

Resep dan cara memasak ayam taliwang khas Lombok, aset warisan budaya dari Indonesia Timur. Siapa yang tak kenal makanan dengan sensasi pedas yang satu ini. Meskipun belum pernah mencoba resep ayam taliwang ini namun sebagian besar dari kita pasti sudah pernah atau bahkan sering mendengar nama masakan ini. Memang benar adanya, popularitas masakan ini sudah diakui oleh banyak orang mulai dari dalam negeri hingga mancanegara.

Masakan ayam taliwang berasal dari Kampung Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara Kota Mataran, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masyarakat dari daerah ini lah yang mengawali kemunculan makanan ini. Sejarah ayam taliwangpun banyak diceritakan dalam beberapa tulisan. Kemunculannya sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak terjadinya perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali.

Seiring perkembangannya, ayam taliwang justru mulai dikenal dari Nini Manawiyah atau Papin Manawiwah. Seorang warga asli daerah Taliwang yang mempunyai resep ayam taliwang dan berjualan nasi ayam pelalah. Masakan ini lah yang akhirnya oleh pelanggan-pelanggan Nini kemudian di juluki sebagai ayam Taliwang, karena dirinya yang menjual makanan ini berasal dari Kampung Taliwang. Namun seiring berjalannya waktu, Nini semakin tua dan eksistensi masakannya pun semakin menurun seiring dengan menurunnya kemampuan untuk berdagang akibat umur yang sudah semakin renta.

resep ayam taliwang, resep ayam taliwang terbaru, resep ayam taliwang online, resep ayam taliwang asli, ayam taliwang, cara memasak ayam taliwang, makanan khas lombok, resep ayam, resep ayam istimewa

Sejarah ayam taliwang selanjutnya terbentuk oleh Haji Ahmad Moerad dengan resep ayam taliwang khas miliknya yang mulai berjualan nasi ayam taliwang di sisi barat kompleks Pasar Cakranegara yakni di sekitar Jalan A. A. Gde Ngurah Cakranegara Mataram sekarang. Seiring berjalannya waktu layaknya ayam pelalah Nini, warung ayam taliwangnya pun semakin hari semakin ramai, hingga ayam taliwang populer seperti saat ini.

Citarasa yang khas menjadi kunci utama popularitas masakan ini dibandingkan dengan masakan ayam bisanya seperti ayam kremes, ayam bumbu dan lain sebagainya. Ayam taliwang dikenal memiliki sensasi rasa pedas yang luar biasa. Sambal ayam taliwang yang digunakan pun sangat khas suku sasak yang cenderung menyukai masakan pedas. Sehingga tidak heran jika banyak yang menyukai makanan ini. Bahkan para warga negara asing yang berkunjung ke Lombok, tidak pernah melewatkan budaya memakan ayam taliwang yang istimewa ini. Ayam taliwang biasanya disajikan bersama dengan plecing kangkung dan beberuk terong. Beberuk terong adalah makanan khas Lombok yang dibuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang pedas. Perpaduan rasa ayam taliwang yang pedas dengan segarnya rasa plecing kangkung dan beberuk terong ini mampu membuat kita lupa diri lho foodies!

Oh iya, pada resep ayam taliwang memiliki ciri khas lain yaitu terkait dengan pemilihan ayam yang digunakan. Ayam yang digunakan sebagai bahan masakan untuk membuat ayam taliwang ini merupakan ayam kampung dengan umur sekitar 3 bulan saja. Ya, hal ini berkaitan dengan tekstur daging ayam yang akan dimasak. Ayam dengan umur tersebut memang masih terlihat kecil, namun daging ayamnya empuk dan tentunya tidak berlemak. Penyajian ayam taliwang pun juga memiliki ciri khas yang unik lho foodies! Ayam yang akan dimasak, kemudian dibelah dua, direntangkan untuk selanjunya kedua sayap ayam ditekuk ke belakang.

Bagaimana? Banyak sekali kan kekhasan dari masakan ini? Masakan ayam taliwang memang sangat Istimewa, namun tidak perlu khawatir harus jauh-jauh ke Lombok hanya untuk dapat menikmati masakan ini. Resepmasakan.id akan menyajikannya untuk kalian. Oleh karenanya simak terus ya resep dan cara memasak ayam taliwang di bawah ini.

Resep Ayam Taliwang Khas Lombok Yang Melegenda

Bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 100 ml minyak sayur
  • 1 buah jeruk limau yang diambil airnya

Bahan-bahan bumbu halus yang dibutuhkan, meliputi:

  • 14 cabe merah kering
  • 8 siung bawang putih
  • 12 butir bawang merah
  • 100 gr tomat
  • 2 sendok terasi goreng
  • 5 cm kencur
  • 25 gram gula jawa
  • 2 sendok teh garam

Langkah-langkan membuat ayam bakar taliwang

  1. Belahlah ayam yang sudah disiapkan menjadi dua bagian, belah bagian tengah dada hingga sampai ke arah leher. Baliklah ayam, tekan dan diregangkan sampai terbentuk sempurna, tekuk sayap ayam ke arah belakang
  2. Lumuri ayam dengan garam dan perasan jeruk nipis
  3. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan pada minyak yang telah panas hingga matang dan tercium bau harum
  4. Masukan ayam ke dalam bumbu yang telah ditumis, dilumuri dengan bumbu hingga merata
  5. Tambahkan sedikit air dan dimasak hingga matang dengan api kecil
  6. Selanjutnya siapkan alat pemanggang atau oven, masukan ayam ke dalam oven selama 1 jam dengan suhu 180° hingga matang sambil dibolak balik dan sesekali lumuri dengan bumbu yang masih tersisisa
  7. Ketika sudah matang angkat ayam taliwang kemudian bakar di bara api agar dagingnya agak kering
  8. Ayam taliwang bisa disajikan bersama nasi hangat serta plecing kangkung dan beberuk terong

Berikut tadi sudah disajikan resep dan cara memasak ayam taliwang khas Lombok yang lezat yaa foodies! Penyajian yang nikmat akan semakin menggugah selera ketika ayam taliwang ini disajikan bersama plecing kangkung dan beberuk terong. Namun nampaknya resep beberuk terong masih sedikit asing ya di telinga kita. Bagaimana jika kita cari tahu juga resep membuat beberuk terong ya foodies? Tenang, kami sudah menyiapkan lho resep membuat beberuk terong yang nikmat dan tetap dengan kekhasannya daerah Lombok. So, let’s check this out ya foodies!

Cara Membuat Sambal Beberuk Terong Untuk Menemani Istimewanya Ayam Taliwang

Bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 5 batang kacang panjang, iris kecil-kecil
  • 5 sendok makan minyak panas
  • 3 buah terong bulat
  • 1 buah tomat, potong jadi 8 bagian
  • 1 buah jeruk limau

Bumbu Halus Sambal Beberuk :

  • 50 gr cabe rawit merah
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur bakar
  • 1 sendok teh terasi matang
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Beberuk:

  1. Haluskan cabe merah keriting, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih dan terasi kemudian masukkan daun jeruk, ulek sampai benar-benar halus.
  2. Setelah wajan panas, matikan api kemudian masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi.
  3. Lalu masukkan potongan terong, kacang panjang dan aduk sampai merata.
  4. Kemudian masukkan perasan jeruk limau, gula dan garam. Lalu aduk lagi sampai merata.
  5. Angkat dan sajikan sambal beberuk ini bersama ayam taliwang dan nasi hangat

Wah… sudah lengkap ya sepertinya menu resep ayam taliwang kita kali ini. Segera bergegas ke pasar untuk berbelanja bahan masakan kemudian mulai ke dapur untuk mencoba membuatnya ya foodies! Siapkan hidangan istimewa ini untuk keluarga tercinta dirumah. Selamat memasak dan selamat mencoba!

Sharing is caring!