Resep bakpia pathok, cara membuat bakpia, bapia pathok khas jogja, oleh-oleh khas jogja

Resep Bakpia Pathok Kuliner Kebanggaan Kota Yogyakarta

Posted on

Resep dan cara membuat bakpia pathok khas Jogja, oleh-oleh yang wajib dibawa pulang wisatawan saat berkunjung ke Jogja. Siapa yang tak kenal jajanan yang satu ini. Kue legendaris dari kota dengan seribu cerita, Yogyakarta. Kue manis dengan berbagai macam isian ini merupakan salah satu kekayaan kuliner yang ada dari zaman dahulu hingga saat ini dan begitu melekat dengan Kota Jogja. Hal ini lah yang membuat banyak wisatawan merasa belum lengkap liburan di Jogja jika belum mencicipi bakpia pathok khas Jogja yang satu ini.

Resep bakpia pathok, cara membuat bakpia, bapia pathok khas jogja, oleh-oleh khas jogja

Hampir semua orang mungkin sudah pernah atau bahkan sering pergi liburan atau sekedar mampir dan lewat salah satu kota yang sangat terkenal di Indonesia ini yaitu Yogyakarta. Kota ini memang sangat istimewa dengan berbagai macam elemen yang ada di dalamnya, hingga tak heran jika kota ini disebut sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbagai macam seni, budaya, hiburan dan kuliner lengkap ada di kota ini. Kekayaan alam yang berpadu dengan kekayaan budaya menjadi daya tarik yang luar biasa, tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri namun juga menarik wisatawan asing untuk berkunjung dan menikmati keindahan kota ini.

Berbicara soal kuliner, Kota Jogja sangat terkenal kaya akan berbagai macam citarasa makanan mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern. Satu diantanya yang sangat kental dengan kota ini adalah Bakpia Pathok Khas Jogja. Makanan manis sedikit gurih ini memang menjadi favorit banyak orang, sehingga tidak pernah terlewatkan untuk membelinya ketika mampir di kota ini. Ciri khas rasa yang dipertahankan sejak dahulu hingga sekarang menjadikan makanan ini terus eksis dismping bermunculannya makanan atau kue-kue kekinian zaman sekarang. Semua kalangan mulai anak kecil, orang dewasa hingga lansia menyukai kue Bakpia Pathok ini. Selain rasanya yang enak, tekstur kue yang lembut dan mudah untuk dicerna membuat makanan ini memang cocok untuk segala kalangan.

Potensi wisatawan yang berkunjung ke Jogja dari tahun ke tahun terus meningkat. Jumlah pengunjung Kota Jogja di tahun 2017 saja sudah lebih dari 4,9 juta wisatawan. Ini berarti potensi usaha oleh-oleh khas Jogja juga sangat tinggi termasuk juga potensi yang sangat baik pula untuk usaha bakpia pathok. Sehingga tidak mengherankan jika buah tangan khas Jogja ini banyak sekali dijadikan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat Jogja. Banyak UKM-UKM hingga perusahan-perusahan cukup besar yang mengolah kue yang satu ini.

Bakpia adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Makanan manis dan gurih satu ini awal mulanya berasal dari daratan Tiongkok yang kemudian di Indonesia berkembang sangat pesat di daerah Jogja. Tidak hanya kacang hijau, bakpia modern saat ini memliki banyak kreasi isian lain seperti keju, cokelat dan juga nanas. Semakin berkembangnya bakpia ini menjadikan minat dan antusias masyarakat untuk menikmati bakpia semakin tinggi. Cara membuat bakpia pathok ini sebenarnya sangat mudah dan sederhana jika kita mengetahuinya. Hanya saja seperti kue-kue pada umumnya, pembuatan bakpia pathok harus dilakukan secara tepat mulai dari bahan pembuatannya hingga cara membuatnya. Salah perhitungan dapat mengubah rasa bakpia ini sendiri.

Kota Jogja dan bakpia memang sudah sulit untuk dipisahkan. Namun, bagi kita yang tidak bisa pergi ke Jogja tetapi sudah sangat rindu dengan kue yang satu ini, tidak perlu khawatir karena kita bisa membuatnya di rumah lho. Dengan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, kue bakpia khas jogja bisa dinikmati di rumah tanpa harus pergi ke Jogja. Nah, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana resep dan cara membuat bakpia pathok yang sangat khas ini. Simak baik-baik resepnya dibawah ini ya foodies!

Resep dan Cara Membuat Bakpia Pathok Khas Jogja

Dalam membuat bakpia pathok ini, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sendiri-sendiri. Tahapan-tahapan tersebut meliputi pembuatan kulit bakpia, pembuatan lapisan bakpia dan juga pembuatan isi bakpia. Untuk lebih jelasnya rangkaian tahapan tersebut dapat dilihat dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit bakpia, meliputi:

  • 125 gram tepung terigu rendah protein
  • 65 gram tepung terigu tinggi protein
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 200 ml minyak sayur (untuk campuran adonan 50 ml dan untuk rendaman 150 ml)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lapisan bakpia, meliputi:

  • 65 gram tepung terigu rendah protein
  • 25 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok makan margarine

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat isian bakpia, meliputi:

  • 100 gram kacang ijo/kacang hijau yang telah dikupas (rendam semalaman)
  • 150 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 25 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah atau gula jawa
  • 1 sendok makan minyak

Langkah-langkah Membuat Bakpia Pathok Khas Jogja Manis dan Gurih

Pertama adalah membuat bahan isian bakpia pathok khas jogja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Kacang hijau yang sudah ditiriskan kemudian dikukus selama kurang lebih 20 menit sampai kacang mengembang, lalu angkat dari kukusan
  2. Gula pasir, gula merah, garam, santan dan daun pandan dimasukan bersama-sama kemudian masak hingga mengental rata atau kalis.
  3. Tambahkan minyak sebelum api dimatikan. Aduk campuaran bakpia pathok jogja tersebut hingga mengental rata atau kalis dan licin. Angkat kemudian tunggu sampai agak dingin lalu bentuklah menjadi bola-bola kecil bakpia pathok.

Kedua adalah membuat bahan lapisan bakpia pathok khas Jogja

  1. Aduk semua bahan lapisan hingga rata, lalu sisihkan.

Ketiga adalah membuat bahan kulit bakpia pathok khas jogja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Air dipanaskan namun tidak sampai mendidih, masukan gula aduk sampai gula larut semua dan merata lalu angkat.
  2. Campurkan terigu dan garam hingga adonan bakpia pathok jogja rata, tuangakan air larutan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga merata.
  3. Tuangkan minyak sayur sambil diuleni hingga merata dan kalis.
  4. Ambil adonan bakpia pathok jogja kira-kira 10 gram. Pipihkan adonan, lalu ambil sedikit adonan lapisan, ratakan diatas permukaan adonan sebelumnya hingga rata.
  5. Lipat adonan bakpia pathok jogja dan rekatkan ujungnya membentuk bulatan.
  6. Rendam adonan bulat bakpia pathok jogja ke dalam minyak yang tersisa selama kira-kira 15 menit.
  7. Pipihkan adonanbakpia pathok jogja sampai agak tipis, lalu isi dengan adonan bahan isian, bentuk bulat pipih.
  8. Panggang adonan bakpia pathok jogja yang sudah diisi kedalam oven dengan temperatur 200 derajat C smapai matang kira-kira 15-20 menit. Agar warna kuning merata di bagian atas bakpia anda bisa membolak-balik adonan bakpia pathok jogja. Sekiranya sudah sesuai keinginan angkat
  9. Sajikan bakpia pathok khas JOgja di rumah bersama teh hangat dan keluarga tercinta

Nah, berikut tadi sudah disajikan secara lengkap resep dan cara membuat bakpia pathok khas Jogja yang enak, manis dan gurih. Hmm… bagaimana sudah semakin rindu bakpia pathok tidak? Yuk segera mulai untuk membuatnya foodies! Bahan-bahan dan langkah-langkah yang harus dilakukan cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil foodies!