Resep Membuat Opor Ayam Kuah Istimewa Khas Lebaran

Posted on

Resep dan cara memasak opor ayam istimewa, makanan dengan ciri kuah santan yang khas. Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Keberadaanya saat lebaran, rasanya sudah tidak mampu digantikan oleh makanan lain. Opor ayam memang merupakan salah satu makanan khas lebaran yang banyak dijumpai di Indonesia. Bersama dengan ketupat, lontong, sambal ati goreng, rendang dan makanan khas lebaran lainnya opor ayam menjadi primadona di kalangan saudara ataupun teman yang sedang bersilahturahmi.

resep opor ayam, cara membuat opor ayam, opor ayam kuah, opor ayam kering, opor ayam lebaran

Lebaran merupakan saat-saat yang membahagiakan ketika berkumpul bersama keluarga terdekat yang sudah lama tidak bertemu. Setelah menjalani puasa sebulan kemudian saatnya merayakan saat-saat kemenangan bersama keluarga. Tidak hanya dengan keluarga, moment lebaran kerap kali dijadikan sebagai ajang kumpul-kumpul tahunan atau sering disebut dengan reuni alias temu kangen dengan sahabat-sahabat lama. Terkadang bahkan beberapa orang sampai kebingung an mengatur jadwal kapan ketemu teman SD, teman SMP, teman SMA atau bahkan teman kuliah. Tidak heran karena hari libur yang tak seberapa mengharuskan kita dapat membagia waktu dengan baik.

Berbicara tentang moment spesial, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan soal makanan. Karenanya, menghidangkan makanan dengan citarasa istimewa akan menjadikan moment spesial tersebut bertambah istimewa. Makanan khas lebaran banyak sekali jenisnya, mulai dari berbagai macam kue, ketupat atau lontong, sambal goreng ati, rendang, semur dan lain sebagainya. Opor ayam adalah salah satu makanan yang wajib ada saat lebaran tiba. Menikmatinya sesaat setelah sholat idul fitri menjadi salah satu moment yang wajib dilaksanakan dan dirindukan oleh banyak orang.

Opor ayam adalah salah satu makanan khas lebaran dengan ciri kuah santan dan biasa disajikan bersama ketupat, sambal goreng ati dan kerupuk untuk dimakanan bersama-sama. Kenikmatan opor ayam memang sudah tidak bisa lagi diragukan lagi kebenarannya. Olahan ayam yang satu ini banyak menjadi favorit semua kalangan. Dasar pembuatannya tidak lain adalah daging ayam yang kemudian diolah bersama bumbu-bumbu khas Indonesia yang menjadikan makanan ini lezat dan menggugah selera. Namun sebenarnya jenis-jenis opor ayam pun ada bermacam-macam lho foodies. Tidak hanya opor yang berkuah namun ternyata juga ada masakan opor dengan bentuk kering. Pada dasarnya bumbu yang digunakan pun mirip, hanya saja tipe sajiannya yang berbeda. Dari namannya sudah dapat dipastikan bahwa opor ayam kuah adalah opor ayam dengan sajian kuah santan seperti yang biasa kita makan pada umumnya. Sedangangkan bagi yang tidak suka opor dengan kuah tidak perlu bingung karena tersedia juga opor ayam kering yaitu opor ayam dengan sajian kering tanpa kuah.

Pada dasarnya opor ayam kuah dengan opor ayam kering memiliki bumbu yang tidak jauh berbeda. Keduanya dapat dimasak dengan mudah menggunakan bahan rempah-rempah yang tidak sulit untuk didapat dan sudah biasa tersedia di dapur ibu-ibu dirumah. Selain bumbu-bumbu yang mudah didapat, masakan ini juga sangat mudah untuk dicoba dirumah. Tidak perlu menunggu saat-saat lebaran ya foodies untuk bisa mencoba mengolah dan menghidangkan masakan ini di rumah untuk keluarga tercinta. Menghidangkan masakan ini ketika anak pulang sekolah dan suami pulang kerja pasti akan sangat menggugah selera makan keluarga di rumah.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas terlebih dahulu opor ayam kuah yang banyak diminati oleh masyarakat. Opor ayam ini adalah opor ayam yang paling sering disajikan dan dikenal oleh masyarakat ketika lebaran datang. Memakannya bersama dengan ketupat atau lontong menjadikan makanan ini sangat spesial dan menggugah selera. Lalu, seperti apakah resep masakan ini ya? Simak resep dan cara memasak opor ayam kuah bawah ini  baik-baik ya foodies!

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuah Kental Enak

Bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 1 ekor ayam, bisa menggunakan ayam kampung ataupun ayam negri dengan berat 1 kg. Potong sesuai selera, dipotong menjadi 10 adalah yang paling ideal
  • 2 cm lengkuas kemudian memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm jahe kemudian memarkan
  • 3 batang serai kemudian memarkan
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 3 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula merah
  • 1 butir kelapa jadikan hingga 250 ml santan kental
  • 750 ml santan encer, sisa dari perasan santan kental tadi
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu

Bumbu halus yang dibutuhkan, meliputi:

  • 3 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri yang telah disangrai
  • 2 sendok teh ketumbar yang telah disangrai
  • 2 cm kunyit yang telah bakar
  • 1/8 sendok teh jinten

Langkah-langkah untuk Membuat Opor Ayam Kuah

  1. Pertama, oseng atau tumis semua bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, jahe, lengkuas dan serai yang telah dimemarkan hingga beraroma harum. Jahe, lengkuas dan serai ini memang sengaja dimemarkan agar aroma khasnya keluar ketika dimasak, sehingga memberikan citarasa yang enak pada masakan
  2. Selanjutkan masukan ayam yang telah dipotong dan dicuci bersih ke dalam tumisan. Aduk-aduk hingga warnanya berubah. Hal ini menandakan ayam sudah mulai matang untuk kemudian dapat dilanjutkan step selanjutnya. Ayam yang digunakan bisa menggunakan ayam kampung ataupun ayam negeri sesuai selera keluarga, namun menggunakan ayam kampung akan lebih memberikan citarasa yang enak dan sedikit mengandung lemak
  3. Kemudian air santan yang encer dituangkan ke dalam tumisan tadi lalu di aduk hingga merata. Garam, merica dan gula merah dimasukan setelahnya kemudian aduk lagi hingga merata. Masak hingga santannya cukup meresap ke dalam daging ayam. Hal ini ditandai dengan sedikit berkurangnya volume ayam pada masakan karena telah mulai meresap ke dalam daging ayam
  4. Selanjutnya, saatnya santan kental dituang ke dalam masakan. Masukan perlahan kemudian aduk-aduk dan masak hingga kuahnya menjadi kental. Jangan melakukan pengadukan yang berlebihan karena akan berpengaruh pada kekentalan santan
  5. Setelah dirasa matang maka opor ayam kuah siap disajikan untuk keluarga dirumah

Nah, pada tulisan diatas sudah disajikan bahan-bahan, bumbu serta langkah-langkah untuk memasak opor ayam kuah yang lezat. Seperti yang telah diketahui bahwa opor ayam ini adalah salah satu makanan yang khas dengan bumbu dan santan kentalnya. Sehingga bagi orang-orang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi harus berhati-hati ya foodies.

Semua orang pada dasarnya boleh menikmati makanan ini, namun karena kandungan santan yang ada di dalamnya, orang dengan kolesterol tinggi dan juga memliki riwayat penyakit jantung tetap harus memperhatikan jumlah atau porsi makannya. Karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Oleh karenanya harus pintar-pintar mengatur pola makannya ya foodies.

Baiklah, semua resep dan tips mengkonsumsi opor ayam agar tetap enak dan tidak mengganggu kesehatan sudah diberikan. Sekarang saatnya mulai mencoba dan mengaplikasikannya di rumah. Cara membuat yang mudah dan bahan yang mudah didapat semakin menggugah hasrat untuk memulai memasaknya bukan? Oleh karenanya mulai mencoba yuk foodies! Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan kemudian mulailah untuk memasak. Selamat mencoba ya!

Sharing is caring!