Resep Cumi Asin Pete Pedas Istimewa

Posted on

Seafood merupakan salah satu jenis makanan yang banyak sekali ditemui di masyarakat. Tak hanya karena rasanya yang gurih dan nikmat, makanan ini memiliki banyak sekali penggemar karena keunikan rasanya jika dibandingakn dengan bahan makanan seperti ayam maupun daging. Tidak heran jika penjual seafood atau makanan laut selalu laris diserbu pembeli. Salah satu yang cukup terkenal akhir-akhir ini adalah olahan cumi asin pete pedas.

resep cumi, resep cumi asin pete, resep seafood

Jenis makanan yang satu ini tidak hanya nikmat dimulut tapi juga sangat sarat dengan kandungan gizi yang tinggi. Salah satu kandungan yang banyak ditemui pada seafood adalah asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan memori serta membantu perkembangan otak manusia. Selain asam lemak omega-3, kandungan gizi lain yang dalam jumlah banyak juga terdapat dalam berbagai hewan laut adalah protein. Protein yang terkandung pada sumber protein hewani merupakan protein yang lengkap karena mengandung semua asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Karena kandungan asam amino yang lengkap ini, seafood juga baik dikonsumsi untuk mempertahankan atau meningkatkan massa otot sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang anak-anak.

Namun kebanyakan orang terutama orang dewasa dan orang yang telah lanjut usia merasa was-was atau takut ketika akan mengkonsumsi seafood. Alasannya karena seafood terkenal dapat memicu kolesterol tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang ada beberapa jenis ikan yang mengandung kolesterol cukup tinggi seperti udang, lobster, kepiting, cumi-cumi, kerang, dan lain-lain. Namun sebenarnya, potensi naiknya kolesterol dapat diminimalisisr dengan pola makan yang benar. Diantaranya dengan mengkonsumsi seafood secukupnya dan tidak berlebihan, minum air putih yang banyak, rutin olahraga serta diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, kita tetap dapat menikmati lezatnya seafood tanpa harus khawatir dampaknya pada kesehatan kita.

Salah satu seafood yang paling terkenal adalah cumi-cumi. Berbagai olahan dapat diciptakan melalui bahan masakan yang satu ini. Menu cumi-cumi hampir tidak pernah absen dari resto-resto yang menjual makanan seafood. Kelezatan olahan cumi-cumi tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Rasa daging yang kenyal berpadu dengan bumbu-bumbu yang sedap dan nikmat menambah kekayaan rasanya. Berbagai olahan cumi diantaranya seperti cumi cabai hijau, cumi saus padang, cumi asin pete dan lain sebaginya.

Resep masakan yang akan dibahas kali ini adalah resep cumi asin pete pedas. Salah satu resep andalan para penggemar cumi-cumi. Olahan yang satu ini memang memliki banyak sekali penggemar karena perpaduan rasa antara 2 bahan utamanya yaitu cumi dan pete yang menghasilkan suatu masakan yang bercitarasa tinggi. Tak hanya cumi yang sudah terbukti memiliki kandungan gizi yang baik, pete juga ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia seperti mengatasi anemia dan mengatatasi sembelit.

Resep cumi asin pete pedas dapat dibuat secara mudah dan sederhana. Bumbu-bumbu yang digunakan pun sangatlah mudah untuk ditemukan serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Bumbu-bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas dan bumbu-bumbu dasar lainya masih digunakan dalam masakan ini. Sehingga tidak perlu kesulitan untuk membuat masakan ini dirumah. Masakan dapat disajikan secara mudah dan cepat untuk keluarga di rumah.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal terkait cumi asin, saatnya untuk mengetahui secara lengkap resep cumi asin pete pedas yang telah kita bahas diatas. Simak resepnya secara lengkap dibawah ini.

Resep Cumi Asin Pete Pedas Istimewa

Bahan yang digunakan meliputi:

  • 200 gr cumi asin
  • 1 papan pete belah menjadi 2 biji
  • 10 bh cabe ijo potong serong
  • 3 buah cabe merah potong serong
  • 5 buah rawit merah potong serong
  • 5 buah rawit hijau potong serong
  • 5 buah bawang merah iris tipis
  • 3 buah bawang putih iris tipis
  • 1/2 buah bawang bombay
  • Sedikit tomat iris
  • 1 ruas lengkoas keprek
  • Sedikit jahe keprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah sereh kecil keprek
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saos tiram
  • Sedikit garam dan kaldu ayam bubuk
  • 50 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah untuk Membuat Cumi Asin Pete Pedas

  1. Didihkan air ksh garam dikit lalu masukan cumi asin yang sudah di cuci bersih sampai cumi tersebut mengembang angkat dan tiriskan
  2. Potong-potong cumi dan Buang tulang putih cumi sm isi perutnya goreng betar tiriskan
  3. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum lalu masukan cabe2an, tomat,daun salam, daun jeruk, sereh,jahe dan lengkoas aduk sampai layu
  4. Lalu masukan cumi, pete dan bawang bombay aduk bentar lalu masukan kecap manis, saos tiram, sedikit garam, sedikit bubuk kaldu ayam dan air aduk dan diamkan sebentar
  5. Aduk lagi lalu tes rasa kalau sudah ok semua angkat dan sajikan

Tips Memilih dan Mengolah Cumi Asin yang Tepat

  1. Kualitas cumi asin

Kualitas bahan makanan merupakan hal pokok yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Bahan makanan yang berkualitas tidak hanya akan memberikan kelezatan di mulut tetapi juga kebaikan untuk tubuh kita. Tidak terkecuali untuk cumi asin. Karena prosesnya yang diawetkan, sehingga sebelum memasak kita harus benar-benar memperhatikan apakah cumi tersebut layak untuk dimakan atau tidak. Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kualitas cumi asin adalah tekstur dan aromanya. Cumi asin yang berkualitas baik memiliki tekstur yang kering, tidak berlendir, serta kenyal ketika dipencet. Sedangkan untuk aromannya, tidak mengeluarkan bau busuk melaikan bau garam yang masih kuat.

2. Cuci cumi asin dengan air mengalir

Pengolahan cumi yang paling pertama adalah dengan mencuci cumi asin dengan air mengalir.Hal ini penting untuk dilakukan karena kita sebagai konsumen tidak bisa memastikan higienisitas cumi ketika proses pengasinan hingga berada di pasar/swalayan tempat kita membeli cumi tersebut. Selain itu, pencucian juga akan mengurangi bau garam yang pekat pada cumi.

3. Merendam cumi asin

Perendaman pada cumi berguna agar rasa asin pada cumi tidak terlalu pekat. Selain itu dengan dilakukannya perendaman ini, akan membentu pelunakan cumi asin yang sebelumya kering akibat proses pengawetan. Cukup rendam selama 30 menit agar rasa khasnya tidak terlalu hilang. Anda juga bisa mencoba merendam cumi asin di air kapur bening selama dua puluh menit, lalu memasukannya ke air perasan jeruk nipis selama lima belas menit.

4. Tidak perlu menambahkan garam terlalu banyak

Sesuai dengan namanya, cumi asin diawetkan dengan menggunakan garam. Sehingga rasa dari cumi asin ini telah terlampau asin ketika dimasak. Sehingga tidak perlu menambahkan garam maupun penyedap makanan pada masakan cumi asin. Karena hal ini justru akan membuat makanan kurang sedap karena terlalu asin.

5. Jangan masak cumi asin terlalu lama

Untuk mendapatkan rasa cumi asin yang khas, maka harus diperhatikan cara pengolahannya. Masak cumi asin dengan api sedang sebentar saja agar teksturnya tetap terjaga. Mengolah cumi asin terlalu lama hanya akan membuat daging cumi asin menjadi keras dan sulit untuk dinikmati.

Berikut tadi sudah dijelaskan secara rinci resep cumi asin pete pedas oleh resepmasakan.id. Selain itu telah disakan pula lengkap dengan tips-tips pemilihan dan pengolahan cumi dengan baik dan benar agar masakan tidak hanya lezat tetapi juga dapat dipastikan kandungan gizinya tetap terpenuhi untuk tubuh. Semoga resep cumi asin pete pedas ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!

 

Sharing is caring!