Resep Membuat Bakso Sapi Kenyal dengan Kuah Gurih dan Lezat

Posted on

Resep membuat bakso sapi kenyal dengan kuah gurih dan lezat, sebuah kuliner nusantara yang kerap kali menemani kita dikala lapar melanda. Makanan yang satu ini pati sudah sangat akrab di telinga kita. Bagaimana tidak, bakso merupakan makanan ringan gurih yang enak dan cukup untuk sekedar mengenyangkan perut yang lapar setelah beraktifitas seharian. Meskipun begitu, bagi orang Indonesia belum makan namanya jika belum makan nasi ya. Tetapi semangkuk bakso daging sapi yang gurih mampu memberikan suplai energi bagi kita sembari menunggu waktu makan nasi tiba.

resep bakso sapi, resep membuat bakso, resep bakso malang, cara membuat bakso kenyal

Jenis-jenis bakso di Indonesia sangat banyak ragamnya. Tidak heran jika mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama saja menjadikan bakso salah satu makanan favoritnya ketika masih tinggal di Indoesia. Rasa yang gurih bercampur lezatnya daging membuat makanan ini digemari oleha banyak orang. Jenis bakso dapat dilihat berdasarkan bahan dasar pembuatannya dan bagaimana penyajiannya. Berdasarkan bahan dasar pembuatan bakso terdapat beberapa jenis bakso yaitu bakso sapi, bakso ikan, bakso ayam dan lain-lain. Kemudian jika didasarkan pada penyajiannya terdapat bakso kuah dan bakso bakar yang cukup akrab di lidah kita.

Bakso sapi adalah bakso yang paling umum ada di sekitar kita. Bakso ini memiliki rasa yang enak dan gurih seperti bakso pada umumnya. Tekstur bakso sangat menentukan kenikamatan rasa bakso ketika disantap. Kekenyalan tekstur bakso merupakan kunci utama kenikmatan bakso. Sehingga menentukan kekenyalan bakso yang pas adalah suatu kewajiban bagi penjual-penjual bakso atau bagi kalain-kalian yang ingin membuatnya di rumah. Kekenyalan bakso sangat ditentukan dari komposisi bahan-bahan yang digunakan. Komposisi bahan yang pas akan membuat tekstur bakso kenyal sempurna.

Membuat bakso pada dasarnya tidak sulit jika kita mengetahui dengan pasti bagaimana cara membuat bakso yang enak. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bakso juga cukup mudah untuk ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern. Meskipun mudah, namun membuat bakso tetap harus memiliki kemampuan khusus. Karena jika tidak maka justru akan menciptakan bakso yang kurang enak untuk dinikmati baik dari segi rasa maupun teksturnya. Bahan-bahan yang digunakan seperti daging sapi, tepung kanji, berbagai bumbu seperti bawang putih, garam, lada dan lain sebagainya. Bahan-bahan ini kemudian diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa bakso yang enak dan gurih.

Kota malang merupakan salah satu kota yang sangat terkenal dengan kuliner baksonya, segala jenis variasi bakso bisa ditemui disana. Mulai dari bakso kuah hinga bakso bakarnya. Banyak sekali penjual bakso yang begitu melegenda dengan resep rahasianya di kota ini. Bakso kuah adalah yang paling ppuler di kota ini, biasanya disajikan dengan berbagai macam tambahan makanan lainya seperti babat, usus, tahu, berbagai macam gorengan bakso, pangsit dan lain sebagainya. Selain itu bakso malang juga cukup unik karena penjaiannya selalu ditemani dengan beberapa sayuran seperti sawi hijau, kol hingga tauge. Hal ini lah yang membuat bakso Malang begitu berbeda dengan bakso-bakso pada umumnya. Tidak heran jika siapapun yang berkunjung atau pulang ke kota Malang, belum lengkap rasanya jika belum menikmati bakso yang satu ini.

Bakso masa kini dari tahun ke tahun semakin berkembang inovasinya. Mulai dari bakso biasa seperti bakso kuah, kini banyak sekali bermunculan bakso dengan inovasi baru seperti bakso dengan berbagai macam isian. Saat ini beberapa penjual bakso memang tengah berlomba-lomba untuk menciptakan bakso dengan rasa dan sensasi baru untuk menarik minat pembeli. Bakso dengan berbagai macam isian contohnya seperti bakso isi ati, bakso isi keju, hingga bakso isi sambal atau cabai.

Bahkan di Kota Malang, terdapat seorang penjual bakso sumsum yang begitu ramai pembeli. Bakso ini memang memiliki keunikan tersendiri dari isiannya yang berupa sumsum sapi. Sensasi bakso yang nikmat bercampur dengan gurihnya isian sumsum sapi begitu menggugah selera siapapun yang menyantapnya. Warung bakso yang begitu terkenal ini bernama Bakso Sumsum Cak Hadi yang memiliki keunikan penyajiannya sendri. Jika kita ingin menikmati bakso ini kita harus berebut pesanan dengan pembeli lainya karena bakso sumsumnya yang sangat terbatas, dimana dalam satu mangkuk bakso saja terdiri dari hanya satu buah bakso sumsum dan 4 buah bakkso biasa. Bakso ini begitu pecah ketika kita memasukannya ke dalam mulut, gurih bercampur lezat khas sumsum sapi. Hal ini lah yang membuat bakso ini begitu digemari oleh masyarakat dari dalam hingga luar Kota Malang. Bahkan lewat dari jam 7 saja sudah dipastikan kita akan kehabisan bakso sumsumnya, padahal warung bakso ini baru buka jam 5 sore.

Kenikmatan bakso memang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Bagi kalian yang ingin sekali menikmati bakso namun tidak ingin pergi ke luar rumah untuk membelinya tidak perlu khawatir karena kita bisa membuatnya di rumah. Kali ini kita akan membahas tentang resep membuat bakso yang kenyal dengan kuah gurih dan lezat. Sudah penasaran bukan bagaimana resepnya? simak baik-baik resepnya di bawah ini ya!

Resep Membuat Bakso Sapi Kenyal dengan Kuah Gurih dan Lezat

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso, meliputi:

  • 1/2 kg daging sapi segar
  • 100 gram tepung tapioka (bisa diganti tepung kanji)
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • 1 sendok makan bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 2 sendok makan bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 40 gram es batu
  • 1/2 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 2000 ml air

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso, meliputi:

  • 3000 ml air
  • 200 gram tulang daging sapi
  • 7 siung bawang putih, iris, goreng, dan haluskan
  • 5 buah bawang merah, iris, goreng, dan haluskan
  • 2 sendok teh bubuk kaldu sapi
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok teh garam
  • 4 batang daun bawang

Langkah-langkah Membuat Bakso Sapi Kenyal dengan Kuah Gurih dan Lezat

  1. Pertama, tepung tapioka, daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, lada, dan garam dimasukan ke dalam mesin penggiling, bisa menggunakan blender atau food processor lainnya. Giling semua bahan tersebut hingga menjadi adonan yang halus dan tercampur rata
  2. Kemudian rebus 200o ml air yang telah disiapkan dalam panci besar. Tunggu hingga air panas dan mendidih.
  3. Langkah selanjutnya adalah mulai membuat adonan bakso. Caranya ambil sedikit adonan, lalu letakkan di telapak tangan dan genggam adonan hingga adonan bisa keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk. Gunakan sendok untuk mengambil adonan yang sudah muncul dan masukan kedalam air panas. Lakukan hingga adonan habis
  4. Kemudian tunggu hingga bakso mengapung lalu angkat dan tiriskan

Langkah Membuat Kuah Bakso yang Gurih dan Enak

  1. Pertama, air dimasak hingga mendidih
  2. Selanjutnya, masukkan seluruh bahan untuk kuah ke dalamnya dan masak lagi hingga air mendidih.
  3. Koreksi rasa hingga dirasa pas dan kuah siap digunakan untuk menyajikan bakso sapi berserta pelengkap lainnya. Agar kuah bakso tetap hangat, kamu bisa merebusnya terus menerus dengan api paling kecil sehingga kuah tetap panas dan rasa kuah bakso akan semakin nikmat

Nah berikut tadi sudah disajikan rangkaian memasak bakso sapi kenyal dengan kuah yang gurih dan lezat. Pastikan semua takaran tepat dan sesuai karena ini akan sangat mempengaruhi hasil rasa dan tekstur bakso. Nantikan resep kuliner nusantara lainya di resepmasakan.id. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Sharing is caring!