Resep Membuat Seblak Basah Enak dan Gurih

Posted on

Resep dan cara membuat seblak basah yang enak dan gurih, jajanan khas kota Bandung yang banyak digemari anak muda. Makanan yang satu ini sedang sangat naik daun di tahun 2017 bahkan hingga saat ini. Seblak mulai banyak dikenal banyak orang, utamanya para kawula muda sejak beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya dikenal, ternyata jajanan yang satu ini kian kemari semakin banyak penggemarnya. Tidak heran jika saat ini banyak sekali bermuculan penjual seblak dadakan, karena resep dan cara membuat seblak basah ternyata sangatlah mudah.

Kota Kembang dan Paris Van Java adalah sebutan untuk kota Bandung yang sangat akrab di telinga kita. Salah satu kota di Jawa barat ini memang sangat terkenal dengan berbagai macam hal menarik yang mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesana. Apalagi saat ini Kota Bandung kian hari kian apik tatanan kotanya mulai dari penambahan berbagai taman sebagai sumber ruang terbuka hijau, kemudian jalan-jalan pedestrian yang semakin baik serta layanan-layanan masyarakat lainya. Selain itu semua, ternyata Bandung juga memiliki daya tarik lain yaitu pada kulinernya. Telah kita ketahui bahwa beberapa makanan utamanya beberapa jajanan terkenal berasal dari kota yang satu ini. Seperti siomay, batagor, dan seblak yang saat ini sedang sangat tinggi peminatnya di masyarakat.

Seblak adalah makanan khas Kota Bandung yang terdiri dari kerupuk yang dimasak dan dicampurkan dengan beberapa bumbu dan bahan lain hingga membentuk suatu makanan yang enak dan gurih. Jenis-jenis seblak pada umumnya terdiri dari dua macam yaitu seblak basah dan seblak kering. Seblak kering adalah kerupuk pedas yang hampir mirip dengan basreng, sedangkan seblak basah adalah campuran dari kerupuk basah yang dimasak bersama tambahan bahan lain seperti sosis, bakso, makaroni, ceker dan lain sebagainya. Seblak basah ini lah yang saat ini sedang sangat digemari oleh banyak anak muda jaman sekarang.

Meskipun terkenal sebagai jajan khas Bandung, tahukah kalian bahwa menurut beberapa cerita yang beredar, seblak ini bukan berasal dari kota Bandung. Pada beberapa versi tulisan, diceritakan bahwa seblak justru berasal dari daerah Jawa Tengah. Asal-usul dari makan gurih yang satu ini menurut beberapa keterangan adalah adopsi dari makanan tradisional jaman dahulu di Daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Pada beberapa sumber menyebutkan seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu Kerupuk Godog yang sudah populer sejak tahun 1940an. Sedangkan seperti yang telah kita ketahui, keberadaan seblak sebagai salah satu jajan di Indonesia mulai populer sekitar tahun 2000an. Hal ini membuat orang-orang berasumsi bahwa seblak adalah inovasi baru makanan jaman dahulu tersebut. Selain itu, ternyata seblak juga sudah ada di Daerah Cianjur bagian selatan sejak dari jaman sebelum kemerdekaan, makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan.

Semakin terkenalnya seblak di kalangan anak muda tidak terlepas dari salah satu video food vlogger yang sedang sangat terkenal saat ini. Pada video tersebut food vlogger ini sedang mencicipi salah satu seblak pedas yang ada di daerah Jakarta Selatan. Bermula dari itulah, saat ini seblak sangat booming di berbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap kota mulai dari kota besar hingga kota kecil pun saat ini banyak bermunculan penjual jajanan yang satu ini. Biasanya seblak basah disajikan dengan cita rasa gurih dan pedas. Bahkan pada beberapa penjual, seblak disajikan dengan kuah pada beberapa tingkatan level pedas. Sehingga pembeli bisa memilih tingkat pedas yang diinginkan sesuai selera masing=masing.

Resep dan cara membuat seblak basah sebenarnya sangatlah sederhana. Tidak membutuhkan banyak bahan dan waktu yang lama. Bahan-bahan yng dibutuhkan sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita dan sering kali digunakan oleh ibu-ibu dirumah sebagai bumbu masakan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kencur dan kerupuk pastinya. Resep membuat seblak basah merupakan salah satu contoh resep masakan Indonesia yang sangat mudah untuk dibuat. Dengan kemampuan memasak yang masih sedikit pun rasanya setiap orang bisa membuat masakan yang satu ini.

Setelah mengetahui secara lengkap penjelasan mengenai seblak, semakin penasaran ya foodies bagaimana resep dan cara membuat jajanan kekinian yang satu ini. Apakah akan semudah yang dibayangkan? untuk mengetahuinya simak baik-baik resep dan cara membuat seblak basah yang enak dan gurih di bawah ini ya!

Resep Membuat Seblak Basah Enak dan Gurih

Bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 100 gram kerupuk udang yang biasanya berwarna orange mentah, kemudian rendam dalam air selama 15 menit lalu tiriskan
  • 1 potong ayam, kemudian rebus dan suwir-suwir ketika sudah matang
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 5 butir bakso, kemudian iris sesuai selera
  • 1 iris sosis, kemudian iris menjadi beberapa bagian
  • 1 batang daun bawang, kemudian iris tipis
  • 2 buah cabai rawit merah, kemudian iris tipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk
  • 300 ml air
  • Secukupnya minyak, untuk menumis

Bumbu Halus yang dibutuhkan, meliputi:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 2 buah cabai merah keriting

Langkah-langkah Membuat Seblak Basah Pedas, Gurih dan Enak

  1. Pertama, panaskan minyak dalam wajan penggorengan secukupnya untuk menumis bahan-bahan, kemudian masukkan telur yang telah dikocok lepas dan diamkan sesaat sampai agak padat lalu mulai aduk-aduk atau seperti diorak-arik seperti membuat telur orak-arik. Jika sudah, lalu sisihkan pada pinggir wajan
  2. Selanjutnya, masukkan bumbu halus dan tumis hingga tercium bau harum tand tumisan mulai siap untuk masuk step selanjutnya
  3. Masukkan daun bawang, cabe rawit, ayam suwir, bakso, dan sosis. Kemudian aduk hingga semuah bahan tercampur secara merata
  4. Kemudian, tuangkan air lalu aduk kembali hingga rata
  5. Masukkan kerupuk yang telah direndam tadi ke dalam masakan, lalu aduk rata hingga kerupuk menjadi empuk dan angkat ketika dirasa sudah cukup matang
  6. Seblak basah khas Bandung yang gurih siap disajikan

Nah, bagaiman sudah cukup jelas kan foodies? Memang benar sangat mudah ternyata ya cara membuatnya. Tetapi meskipun sangat mudah untuk dilakukan, setiap memasak pasti memiliki trik atau tips khusus yang harus diperhatikan ya foodies! Hal ini bertujuan agar masakan tetap enak untuk dinikmati karena bahan-bahan dan langkah-langkah yang dilakukan tepat. Simak beberapa tips membuat seblak basah berikut ini ya!

Tips

  1. Perlu diketahui bahwa pemilihan kerupuk yang tepat akan mempengaruhi rasa seblak. Kerupuk yang cocok dibuat jadi seblak adalah kerupuk berbahan aci/sagu dan kerupuk ikan. Hal ini karena tekstur dan rasa krupuk yang gurih cocok untuk disajikan sebagai seblak.
  2. Ketika air dalam masakan sudah menyusut tapi kerupuk belum cukup empuk maka dapat ditambahkan air lagi dan beberapa gua serta garam. Jangan lupa untuk koreksi rasa dan pastikan rasa masakan telah sempurna.

Berikut tadi sudah disajikan secara lengkap mengenai resep membuat seblak basah enak dan gurih beserta tips-tips yang harus diperhatikan ketika memasaknya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sharing is caring!