Resep Nasi Kebuli Kambing Gurih Khas Timur Tengah

Posted on

Resep dan cara membuat nasi kebuli khas Timur Tengah, makanan dengan sensasi citarasa gurih yang memngguggah selera. Jika mendengar nama makanan yang satu ini pasti sudah sangat tidak asing bukan di telinga kita? Kita kerap kali mendengar atau melihat makanan nasi kebuli di beberapa acara makanan yang ada di beberapa stasiun televisi. Warna khas dari nasi yang telah dibumbui dan beberapa potongan daging kambing di dalamnya menjadikan makanan ini salah satu olahan nasi yang cukup digemari oleh pecinta daging kambing.

Resep Nasi Kebuli, Nasi kebuli khas timur tengah, resep membuat nasi kebuli kambing, olahan nasi enak

Nasi kebuli memang sangat akrab dengan masyarakat Timur Tengah. Di Indonesia, nasi kebuli mulai menjadi salah satu bagian resep masakan nusantara ketika orang-orang Timur tengah zaman dahulu datang ke Indonesia dan memperkenalkan masakan yang satu ini. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan para perantau sedikit banyak pasti akan menyebabkan masuknya kultur atau budaya negaranya ke Indonesia. Salah satu yang paling mudah masuk adalah tentang kuliner. Para pendatang biasanya mengembangkan kulinernya di Indonesia, hingga kemudian dikenal luas oleh masyarakat Indonensia.

Meskipun awalnya dikenal berasal dari Timur Tengah, namun saat ini nasi kebuli juga sangat terkenal di Betawi. Pelopor nasi kebuli di Betawi pun sebenarnya merupakan seseorang yang berasal dari Timur Tengah. Berdasarkan cerita yang telah berkembang, kemunculan nasi kebuli khas arab betawi  tercipta ketika para pemuka agama asal Hadramaut, Yaman, memiliki misi pembukaan (futuhah) untuk menyebarkan  agama islam ke berbagai daerah. Hingga pada akhirnya mereka sampai di India dan mulai menyebarkan agama Islam disana hingga Islam sempat menjadi agama mayoritas disana.

Seperti yang telah kita ketahui, India adalah sebuah negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia menjadikan beras sebagai makanan pokoknya. Untuk mengobati rasa rindu masakan kampung halaman maka, para ulama dari Yaman akhirnya mencampur-adukkan rempah-rempah asal Timur Tengah dengan bahan bahan dari India. Sehingga terciptalah makanan dengan aroma khas yang baru.

Ketika area dakwah semakin meluas sampailah mereka di Indonesia. Sembari menyebarkan agama islam, para ulama ternyata juga menemukan bahwa penduduk Indonesia sama seperti India yang menyantap nasi sebagai makanan pokok. Bedanya, Indonesia memiliki lebih banyak bumbu yang kemudian dimasukkan dalam racikan baru nasi kebuli khas arab versi Indonesia yang berkembang baik di Betawi. Dalam budaya Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam hari perayaan agama Islam seperti saat bulan Ramadan, Maulid Nabi, maupun hari raya Idul Fitri.

Nasi kebuli merupakan salah satu kreasi olahan nasi yang memliki cara pengolahan cukup berbeda dengan beberapa macam olahan nasi biasanya. Berbeda dengan olahan nasi goreng, nasi gila, nasi bakar maupun olahan nasi yang lainnya, cara memasak nasi kebuli ini memang memliki keunikan tersendiri. Nasi yang diolah bersama rempah-rempah, kaldu daging kambing, susu kambing dan juga minyak samin menjadikan nasi kebuli memiliki citarasa grih yang sangat khas dan cukup jarang ditemui di makanan lain.

Penyajian nasi kebuli juga tidak akan lepas dari daging kambing yang sudah menjadi ciri khasnya, meskipun di beberapa daerah nasi kebuli dimodifikasi penyajiannya menggunakan daging ayam  ataupun daging sapi. Hal ini dikarenan tidak semua orang menyukai daging kambing yang memang memiliki aroma khusus. Jadi bagi yang tidak suka dengan daging kambing, tidak perlu khawatir karena kalian masih bisa menikamati nasi kebuli dengan kreasi yang lain tanpa daging kambing.

Resep dan cara memasaknya memang dilakukan dengan beberapa tahapan. Namun, tidak perlu khawatir karena cara pengolahannya sangat mudah jika kita duah mengetahuinya dengan baik. Rempah-rempah yang digunakan merupakan rempah-rempah khas Indonesia yang sangat mudah untuk kita dapatkan di sekitar kita. Jadi meskipun masakan Timur Tengah terkenal dengan kekomplekskan bumbunya, tidak perlu bingung karena Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan rempah-rempah.

Nasi kebuli biasanya diolah dengan berbagai bumbu yang akan membuat makanan yang satu ini meliki perbedaan cita rasa dengan olahan nasi lainya. Karena dimasak bersama bumbu dan kaldu maka nasi kebuli memiliki sensai rasa yang sangat gurih dan enak untuk disantap, bahkan tanpa lauk apapun. Warna nasi yang kuning menandakan bahwa nasi ini telah tercampur sempurna dengan bumbu-bumbu yang ada. Rempah-rempah yang digunakan mampu meresap hingga ke dalam nasi tersebut.

Meskipun cukup akrab di telinga kita, namun nampaknya penjual nasi kebuli di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga bagi kita yang ingin merasakan olahan nasi yang satu ini pasti cukup kesulitan untuk mencarinya. Tidak perlu khawatir ya , karena kali ini kita akan memberikan resepnya untuk foodies semua. Sehingga kalian bisa memasaknya dirumah. Nah, sudah semakin penasaran ya foodies seperti apa resep dan cara memasak nasi kebuli khas Timur Tengah ini? Dengan bumbu dan cara memasak yang praktis untuk dapat dilakukan di rumah. Simak baik-baik resepnya dibawah ini ya.

Resep Nasi Kebuli Gurih Khas Timur Tengah Enak dan Praktis

Bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • Siapkan 4 sdm margarin
  • 150 gram bawang bombay
  • 10 cm kayu manis
  • ½ butir biji pala dan memarkan
  • 5 butir cengkeh
  • 8 butir kapulaga
  • 300 gram daging kambing, potong- potong
  • 50 mi air
  • I kg beras yang pulen, cuci kemudian tiriskan
  • 750 ml susu cair atau bisa dengan santan

Bumbu halus yang dibutuhkan, meliputi:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 cm jahe
  • 1,5 sdm ketumbar yang sudah disangarai
  • ½ sdt merica butiran yang sudah disangrai
  • 2 sdt garam

Bahan pelengkap yang dibutuhkan, meliputi:

  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 2 sdm kismis

Langkah-langkah Membuat Nasi Kebuli Khas Timur Tengah

  1. Pertama, panaskan mentega hingga meleleh untuk menumis bumbu-bumbu. Kemudian masukkan bumbu ke dalamnya dan tumis hingga bumbu tercium bau harum dan matang
  2. Kedua, kayu manis, cengkeh, kapulaga dimasukan dan diaduk-aduk hingga tercium bau harum yang menandakan aroma dari rempah-rempah sudah mulai keluar ke masakan
  3. Selanjutnya, daging kambing dimasukan dan diaduk-aduk hingga kaku. Kemudian tuangkan air, dan  masak hingga daging kambing menjadi lunak
  4. Di sisi lain, kukus beras hingga kurang lebih selama 30 menit sampai setengah matang lalu angkat
  5. Beras yang telah setengah matang tadi kemudian dimasukan ke dalam panci dan tambahkan susu atau santan, jerangkan di atas api aduk rata
  6. Tambahkan daging kambing tumis, aduk hingga susu/ santannya habis lalu diangkat. Lalu kukus kembali selama 30 menit sampai matang dan angkat
  7. Nasi kebuli khas Timur Tengah siap disajikan selagi masih panas dengan bahan pelengkapnya

Nah, sudah sangat jelas bukan resep dan cara memasak nasi kebuli gurih dan enak khas Timur Tengah ini? Cukup mudah ya untuk dapat diaplikasikan di rumah. Nasi kebuli sangat cocok disajikan dalam acara-acara besar seperti acara keluarga, teman dan lain sebagainya. Sebelum membuatnya dalam skala besar, lebih baik mencoba resep ini dulu di rumah ya foodies. Selamat mencoba!

Sharing is caring!