Resep Soto Ayam Lamongan Dengan Cita Rasa yang Gurih

Posted on

Resep soto ayam Lamongan yang gurih, siapa yang tidak kenal dengan soto Lamongan, kuliner khas Jawa Timur tepatnya di daerah Lamongan ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat luas. Soto ayam lamongan termasuk dari satu diantara banyaknya jenis masakan asli Indonesia yang begitu populer. Soto juga telah dikonsumsi dari berbagai kalangan serta usia. Dari mulai kalangan menengah hingga pada kalangan atas, tua atau muda seluruhnya tidak akan menolak jika ditawari makan soto. Tidak heran karena soto memang salah satu masakan berkuah yang enak untuk dinikmati. Soto dapat dinikmati sebagai hidangan sarapan, makan siang maupun untuk makan malam.

resep soto ayam, resep soto ayam lamongan, cara membuat soto ayam lamongan, resep soto enak

Soto Lamongan juga termasuk salah satu makanan tradisional yang berasal dari Kota Lamongan yang sudah begitu terkenal dengan kelezatannya dari zaman dahulu. Tidak hanya di daerah Lamongan sendiri, akan tetapi juga termasuk masakan yang sudah begitu terkenal di Indonesia. Soto Lamongan ternyata juga memiliki cita rasa yang gurih dan enak dengan disertai berbagai macam bahan pelengkap berupa mie bihun di dalam penyajiannya. Ciri khas dari kuliner soto Lamongan ini yaitu punya kuah yang sedikit bening. Lain halnya dengan soto khas dari Jawa Timur lainnya misalnya seperti Resep Soto Madura dengan model kuah yang tampak sedikit gelap atau terlihat pekat tidak bening. Sehingga sudah sangat jelas bahwa soto ayam lamongan memiliki penciri khusus yang sangat mudah untuk dikenali.

Soto Lamongan ini termasuk makanan tradisional yang sudah terkenal serta menjadi salah satu icon kuliner yang ada di Lamongan, Jawa Timur. Di Lamongan sendiri, makanan ini juga mudah sekali untuk kita temukan. Sebab sudah banyak sekali warung yang menjual menu favorit satu ini. Sebab rasanya yang khas, soto Lamongan saat ini telah menyebar pada berbagai tempat yang ada di Indonesia. Jadi, untuk anda yang ada di luar kota Lamongan tidak harus jauh – jauh ke Lamongan untuk menikmati makanan satu ini. Tapi, saat berkunjung ke Lamongan jangan lupa untuk merasakan cita rasa asli dari Soto Lamongan ini.

Soto ayam Lamongan tidak hanya melegenda di kota asalnya yaitu di Lamongan, namun soto ini juga tersebar di beberapa daerah di Indoesia. Utamanya di wilayah provinsi Jawa Timur, soto ayam Lamongan sangat mudah ditemui di resto-resto, rumah makan maupun di penjual pinggir jalan. Bahkan di Surabaya ada salah satu rumah makan yang menjual soto Lamongan dan sangat terkenal yaitu soto Lamongan Cak Har namanya. Karena saking terkenalnya, warung ini bahkan hampir tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Seperti halnya soto pada umumnya, soto memang sangat mudah untuk diterima di lidah masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran jika penyebaran masakan soto di Indonesia sangat merata.

Berbagai daerah memiliki ciri khas resep soto masing-masing yang menjadi penciri khusus untuk mengenali dari mana soto itu berasal. Seperti halnya soto ayam adura yang memiliki ciri khas kuah yang kenatal dan memiliki topping keripik kentang goreng diatasnya. Soto Lamongan tak hanya ada pada kawasan Jawa Timur maupun Lamongan saja. Namun ternyata selain terkenal di Jawa Timur soto ayam Lamongan juga sangat mudah dijumpai dan bisa anda dapatkan di Ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Harga yang  ditawarkan untuk semangkok soto Lamongan juga bisa dikatakan murah yaitu berkisar antara 10 ribu sampai dengan 15 ribu rupiah saja.

Resep soto ayam Lamongan ini juga begitu mudah dan juga dapat dipraktekkan dirumah jika anda menginginkan. Tidak berbeda jauh dengan beberapa resep soto lainya, bahan dan cara memasaknya juga mudah untuk dilakukan.
Proses pembuatan atau resep Soto ayam Lamongan ini ternyata juga hampir sama dengan resep soto pada umumnya. Namun seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap soto memiliki ciri khasnya sendiri baik dari bahan maupun langkah pembuatannya. Untuk soto ayam Lamongan, daging ayam yang digunakan di dalamnya yaitu daging ayam kampung pilihan. Jadi menghasilkan rasa ayam yang cukup gurih dan juga empuk. Di bagian kuah dari soto Lamongan ini juga dibuat dari bumbu yang sangat khusus dengan beraneka rempah yang menjadikan rasa kuahnya yang sangat kuat. Tak hanya itu saja, ternyata kuahnya juga menggunakan kaldu ayam asli untuk digunakan sebagai penyedap rasa. Maka tidak heran jika soto ayam lamongan banyak digemari oleh pecinta soto yang ada di berbagai wilayah. Sebab untuk cita rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Untuk penyajiannya, soto Lamongan biasanya disajikan dengan nasi beserta berbagai macam bahan tambahan lainnya. Misalnya saja seperti suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun serta disajikan dengan irisan telur ayam pada satu mangkuk. Selanjutnya akan di siram dengan kuah soto dan ditamburkan koya dan bawang goreng. Tak hanya itu saja, bahkan ada juga yang menambahkan di dalam sajiannya seperti halnya ceker ayam, kulit ayam, sayap ayam dan juga kentang goreng untuk dijadikan pelengkap. Di dalam menambahkan cita rasa soto Lamongan ini dapat di tambahkan dengan pelengkap seperti sambal, jeruk nipis dan juga dengan kecap atau cuka.

Setelah berbagai penjelasan diatas, pasti sudah semakin jelas ya foodies gambaran resep soto ayam Lamongan yang terkenal ini? Ternyata cara membuatnya hampir sama dengan soto pada umumnya. Untuk lebih jelasnya foodies bisa lihat resep dan cara membuat soto ayam Lamongan di bawah ini. Simak baik-baik ya!

Resep Membuat Soto Ayam Lamongan Sederhana dan Gurih

Bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 1 kg ayam kampung, bisa menggunakan ayam jenis lain atau sesuai selera
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 2 batang daun bawang
  • Air secukupnya

Bumbu halus yang dibutuhkan, meliputi:

  • 10 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sendok teh lada
  • 4 biji kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ruas kunyit
  • 3 cm jahe
  • 3 cm laos
  • 1 sendok teh penyedap rasa ayam
  • Gula dan garam secukupnya

Bahan sambal soto, meliputi:

  • 100 gram cabe merah
  • 100 gram cabe rawit
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Bahan pelengkap soto, meliputi:

  • 5 butir telur (rebus)
  • 100 gram tauge (rebus)
  • 500 gram kerupuk udang (untuk poya)
  • 500 gram seledri
  • 500 gram jeruk nipis

Langkah-langkah Membuat Soto Ayam Lamongan

  1. Pertama, ayam dicuci hingga bersih, kemudian diberi perasan jeruk nipis  dan diamkan 10 menit lalu bilas, selanjutnya ayam direbus hingga matang
  2. Bahan-bahan bumbu halus dihaluskan, kemudian ditumis dengan sedikit minyak dan masukan bumbu halus kedalam rebusan ayam, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai yang telah digeprek
  3. Kemudian ayam ditunggu hingga berwana kuning, lalu diangkat dan tiriskan. Masukan daun bawang kedalam kuah kaldu ayam, lalu aduk kuah dan koreksi rasa
  4. Selanjutnya untuk bahan pelengkap poya, dapat dibuat dengan cara kerupuk udang diuleg hingga halus, bisa ditambahkan bawang putih goreng jika ingin koya / poyah  lebih gurih
  5. Untuk sambal, rebus cabe rawit,cabe merah dan bawang putih, lalu uleg/ blender, beri garam secukupnya dan dirasa sudah pas
  6. Kuah soto disajikan bersama bahan pelengapnya yaitu tauge, telur, ayam suir, jeruk nipis dan seledri
  7. Sajikan selagi hangat bersama dengans epiring nasi

Nah, bagaimana sudah sangat jelas bukan foodies resepdan cara membuat soto ayam khas Lamongan ini. Sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Mulailah untuk memasak dan selamat mencoba!

 

Sharing is caring!