Resep Soto Betawi yang Khas dan Istimewa

Posted on

Resep dan cara memasak soto betawi istimewa, salah satu jenis soto di Indonesia dengan ciri khas tersendiri. Masakan berkuah yang satu ini tidak pernah lepas dari buruan para pecinta kuliner dimanapun berada. Bagaimana tidak, rasa yang gurih beserta kuah yang panas dan nikmat ini membuat perut terus keroncongan jika melihatnya atau bahkan ketika hanya membayangkannya. Indonesia memang negara dengan kebudayaannya yang sangat kaya, tidak terkecuali dengan jenis makanannya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas makanannya masing-masing yang tak jarang hal itu sedikit banyak merupakan gambaran dari kebiasaan atau adat masyarakatnya.

resep soto betawi asli, soto betawi Jakarta, cara membuat soto Betawi gurih, soto betawi enak

Jenis-jenis soto di Indonesia tak kalah beragam dengan jenis makanan lain. Beberapa daerah bahkan mengklaim soto sebagai makanan khas daerahnya, seperti soto lamongan, soto betawi dan lain sebagainya. Bumbu yang digunakan pada masing-masing jenis soto pun ternyata memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahan-bahan yang digunakan pada dasarnya merupakan kreasi yang bersumber dari kayanya rempah-rempah Indonesia. Cara mendapatkannya pun tidak membutuhkan usaha yang keras, kita hanya perlu pergi ke pasar dan kita bisa menemukan hampir semua bahan pembuatan soto disana. Bahkan saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menjadikan bumbu soto sebagai produk usaha yang ia kembangkan.

Betawi merupakan suku asli jakarta yang memang memiliki banyak sekali budaya yang masih dipertahankan hingga sekarang, seperti ondel-ondel, lenong dan lain sebagainya. Tidak terkecuali pada sektor makanan, selain kerak telor Betawi juga memiliki salah satu makanan unggulan daerahnya yaitu soto Betawi. Soto kuah kental yang banyak digemari oleh masyarakatnya bahkan oleh masyarakat luar daerah Betawi. Resep masakan soto Betawi memang sudah melegenda sejak dahulu kala hingga sekarang. Warga keturunan Betawi mampu melestarikan makanan ini hingga sekarang dengan baik, karena pada kenyataanya popularitas masakan soto betawi tidak pernah lekang oleh waktu disamping semakin bermunculannya makanan-makanan baru saat ini.

Soto khas daerah Jakarta sebenarnya ada dua macam yaitu soto ayam Betawi dan soto kuah kental dengan isian daging dan beberapa jeroan sapi. Namun soto daging dan jeroan tersebutlah yang lebih banyak dikenal oleh masyarakt sebagai soto Betawi. Peminatnya pun tak tanggung-tanggung lho! Semua kalangan mulai dari abang-abang pangkalan ojek hingga pekerja kantoran menyukai makanan ini. Setiap jam istirahat, gerobak atau warung-warung yang menjual soto Betawi laris diserbu pelanggan. Tak mengherankan jika dari tahun ke tahun, penjual soto Betawi semakin meningkat di Jakarta. Hal ini karena potensinya yang tinggi untuk menjadi sumber penghasilan yang menarik. Soto daging dan Jeroan khas Betawi memang enak dan nikmat, namun karena berisi jeroan dan santan atau kuah susu yang kental kita harus berhati-hati dalam menyantapnya. Apalagi bagi para penderita kolesterol dan asam urat, beberapa kandungan di jeroan sapi maupun santan diketahui bisa meningkatkna resiko penyakit ini. Namun, jika kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, soto Betawi tetap aman kok untuk dikonsumsi, sehingga tak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menimati soto Betawi yang Khas ini. Kalian hanya harus memperhatikan kondisi badan dan porsi makan kalian ya foodies!

Komposisi soto betawi ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dari soto-soto biasanya. Soto ini tetap menggunakan rempah-rempah khas Indonesia seperti serai, lengkuas, daun salam dan lain sebagainya. Hanya saja pada soto betawi bumbu yang digunakan memang memiliki tambahan bahan-bahan tertentu sehingga menciptakan suatu rasa yang khas dari soto ini jika dibandingkan dengan soto lainya. Berbeda dengan beberapa soto lain yang memiliki kuah kuning bening, pada soto Betawi kuahnya cenderung berwarna putih kekuningan yang kental dengan aroma yang khas. Hal ini berkaitan dengan bahan yang digunakan berupa campuran santan atau susu sapi sebagai campuran kuahnya. Bahan ini lah yang membuat soto Betawi cukup berbeda dengan soto yang lainya. Citarasa gurih dan kental menjadikan soto ini diingat banyak orang ketika pertama kali menyantapnya, hingga ingin kembali mencobanya di lain waktu. Kuah soto Betawi memang khas dengan kekentalanya akibat santan asli atau susu sapi yang dicampurkan kedalamnya. Namun untuk tetap membuat masakan ini sehat, kita bisa mengganti susu sapi ini dengan susu sapi yang rendah lemak. Hal ini agar soto tetap bisa dinikmati dengan lezat tanpa harus khawatir kolesterol yang akan meningkat setelah menyantapnya.

Nah, beberapa uraian di atas merupakan cerita singkat mengenai soto Betawi yang khas ini. Melihat hasilnya yang istimewa, lalu apakah soto ini memang membutuhkan usaha keras dan bahan-bahan seperti apa yang digunakan untuk membuatnya ya foodies? Mari langsung saja kita lihat di bawah ini apakah rahasia membuat soto Betawi yang khas, enak dan nikmat ini.

Resep dan Cara Membuat Soto Betawi Khas Jakarta

Bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 500 gram daging sapi dan jeroan, dipotong dadu 1 cm
  • 250 ml susu sapi segar/susu ultra tawar atau bisa menggunakan susu rendah lemak lainya
  • 200 ml santan, santan ini harus kental dan cair
  • 2 cm jahe
  • 4 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh / serai
  • 1 sendok makan Mentega atau minyak samin
  • air secukupnya

Bumbu halus, yaitu:

  • 1 sendok makan lada, disangrai hingga cukup kering
  • 1/2 sendok teh jinten, sangrai hingga cukup kering
  • 1 sendok teh ketumbar, disangrai hingga cukup kering
  • 1/2 biji pala, disangrai hingga cukup kering
  • 3 butir kemiri, disangrai juga bersam bahan lain
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • garam secukupnya

Bahan pelengkap Soto Betawi, meliputi:

  • Tomat, diiris kasar
  • Kentang yang sudah digoreng, diiris kasar
  • Jeruk limau, dibelah dua
  • Emping
  • Bawang goreng
  • Asinan acar
  • Kecap manis
  • Daun bawang, diiris halus

Bahan Sambal Soto Betawi, meliputi:

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 1 cabai merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam

Resep dan Cara Memasak Soto Betawi Kas Jakarta Gurih dan Nikmat

  1. Pertama-tama, cuci dengan bersih bahan-bahan yang akan digunakan
  2. Didihkan air lalu masukkan daging sapi, jeroan, potongan jahe juga lengkuas. Tunggu hingga daging dan jeroan empuk
  3. Sambil menunggu daging empuk, haluskan bahan-bahan yang perlu dihaluskan seperti lada, jinten, ketumbar dll
  4. Angkat daging sapi dan jeroan, kemudian tiriskan. Gunakan sisa air rebusan tadi sebagai kaldu daging
  5. Kemudian goreng daging dan jeroan di minyak panas sampai berwarna sedikit kecokelatan. Angkat, lalu sisihkan
  6. Sekarang tumis bumbu-bumbu halus sampai wangi, masukkan santan cair, 125 ml susu cair, dan juga mentega biarkan hingga meletup-letup. Kemudian angkat.
  7. Selanjutnya masukkan tumisan bumbu beserta daun salam dan batang serai ke air kaldu daging, masak hingga wangi pada air rebusan tersebut
  8. Lalu masukkan santan kelapa kental dan sisa susu beserta potongan daging juga jeroan
  9. Biarkan mendidih selama 10 menitan. Kemudian angkat, dan soto Betawi Khas Jakarta siap disajikan

Berikut tadi telah disampaikan rangkaian resep dan cara memasak soto Betawi Khas Jakarta yang istimewa, enak dan gurih. Sajikan dengan bahan-bahan pelengkap soto agar semakin terasa kekhasannya. Juga bisa ditambahkan sambal ya bagi yang suka pedas. Nikmati soto khas Jakarta tanpa harus ke Jakarta? Hmmm… mengapa tidak?! Semua bisa kita lakukan jika kita mau berusaha untuk belajar dan mencobanya ya foodies! Semoga resep ini bisa bermanfaat untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba!!!

Sharing is caring!