Resep Soto Daging Ambengan Kuliner Asli Surabaya Paling Mantap

Posted on

Resep soto ayam ambengan kuliner asli Surabaya, kota terbesar di Jawa Timur yang cukup terkenal dengan kekhasan kulinernya. Di Indonesia banyak daerah yang memiliki kuliner khas yang pastinya enak dan juga unik. Salah satu yang paling banyak digemari oleh banyak orang adalah soto. Kuliner yang terkenal akan cita rasa pada kuahnya ini termasuk salah satu resep masakan dari Indonesia yang sudah menyebar hampir di semua wilayah di Indonesia ini. Kepopuleran dari makanan berupa soto ini tentu saja sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Sehingga terasa mudah sekali untuk menemukan keberadaan dari kuliner soto ini. Baik yang dijual di kaki lima sampai dengan di rumah makan besar. Selain itu, jenis masakan nusantara ini juga sering dipakai sebagai menu dalam acara besar.

resep membuat soto, resep soto ambengan, resep soto ambengan khas surabaya, kuliner khas surabaya

Soto merupakan hidangan yang memiliki kuah yang lezat dan juga gurih dengan berbagai macam isian. Isiannya dimulai dari mie, daging ayam, sampai dengan keripik, emping ataupun kerupuk. Mengenai rusan rasa, tak perlu diragukan lagi. Terlebih lagi jika soto ini dimakan saat cuaca dingin dan dihidangkan saat kuahnya masih panas. Kuliner Indonesia ini, banyak sekali dijual dengan tambahan di nama belakang dengan nama suatu daerah. Bahkan, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan soto yang menjadi khasnya. Akan tetapi, berbeda daerah, berbeda juga keunikan cita rasa soto yang ada. Salah satu jenis soto yang banyak digemari oleh para pecinta kuliner soto yaitu soto ayam ambengan.

Resep soto ayam ambengan memang sedikit berbeda dari soto-soto ayam daerah lain yang ada di Indonesia. Soto khas Surabaya ini punya ciri khas yakni pada warna kuahnya yang kuning pekat. Pada mulanya nama soto ayam ambengan asalnya dari depot soto ayam Pak Sadi yang berada di Jalan Ambengan Surabaya. Depot Soto Ayam Pak Sadi ini ternyata telah ada sejak tahun 1970 dan sudah populer dengan rasa koya sotonya yang sangat khas. Karena begitu terkenal dengan kelezatan soto ayam ini, maka masyarakat menamakan semua soto ayam khas Surabaya menjadi soto ayam ambengan. Penggemarnya pun ternyata tidak hanya berasal dari orang Surabaya, namun juga dari daerah-daerah lain.

Soto ambengan ini terdiri dari daging ayam, telur, nasi putih, bihun, dan sayuran berupa kubis cacah dan juga dilengkapi dengan kuah kaldu ayam yang pastinya terasa sangat gurih dan nikmat. Para pecinta kuliner ini pada umumnya sering mencampur sotonya dengan tambahan koya yaitu bubuk yang terbuat dari parutan kelapa, ditambah lagi dengan tumbukan kerupuk udang, dan juga bawang putih. Agar rasanya lebih enak lagi, maka anda bisa menambahkan dengan kerupuk, sambal, dan juga ditambahkan dengan jeruk nipis . Ada juga yang selanjutnya masih menambahkan kecap manis atau ditambahkan lagi dengan kecap asin, yang pasti sesuai dengan selera masing masing.

Resep Soto ayam Ambengan asli Surabaya memang sudah begitu terkenal, dan anda pun bisa membuatnya sendiri. Jika anda sedang ada acara di rumah, anda bisa membuatkannya untuk keluarga besar anda di rumah. Sebab resep dari soto ayam ambegan ini mudah dipraktekan dirumah. Untuk bahan bahannya juga mudah diperoleh di pasar tradisional atau warung terdekat dengan rumah anda. Bumbu bumbunya pun juga mudah diperoleh. Jadi bukan menjadi suatu masalah jika anda ingin membuatnya sendiri dirumah.

Soto ambengan ini memang berbeda dengan lainnya, letak perbedaannya berada di taburan bubuk poyah. Dan ada juga yang ditambah dengan jeroan. Soto ayam ambegan ini enak sekali rasanya. Soto dengan daging maupun dengan ayam ini sangat khas dengan adanya penambahan koya di atasnya. Dengan adanya bubuk koya ini akan menambah cita rasanya. Jadi tidak heran apabila kuah soto ini terlihat sedikit keruh atau tidak bening. Walaupun begitu, rasa gurih dari koya yang telah bercampur menjadi satu dengan kuah, menghasilkan cita rasa yang begitu nikmat.

Soto ambengan khas Surabaya ini memang sangat terkenal di banyak kalangan. Bahkan selain dijual oleh para penjual soto di pinggir jalan atau di restouran terkenal, soto ambengan juga kerap kali disajikan ketika acra-acara penting seperti acara pernikahan dan hajatan lain-lain. Bentuk soto ini sangat mirip dengan soto ayam Lamongan yang terkenal itu, dengan ciri khas yang sama yaitu adanya penambahan koya di toppingnya.

Bagi kalian yang ingin merasakan soto ini namun belum sempat mampir ke Surabaya, kalian bisa membuatna dengan mudah lho di rumah. Resep dan cara membuatnya ternyata sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Penasaran kan bagaimana resepnya? Simak baik-baik resepnya dibawah ini ya!

Resep Membuat Soto Ambengan Khas Surabaya Enak dan Mantap

Bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi:

  • 1 ekor ayam kampung, belah jadi 4
  • 2 1/2 liter air
  • 4 batang serai, bagian putihnya saja lalu memarkan
  • 10 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
  • secukupnya gula pasir
  • secukupnya garam
  • Minyak goreng untuk menumis serta menggoreng

Bumbu halus soto ayam ambengan, meliputi:

  • 10 butir bawang putih
  • 14 butir bawang merah
  • 1 ruas jari jahe
  • 7 kemiri sangrai
  • 2½ ruas jari kunyit, bakar lebih baik

Bahan untuk membuat Poyah (koya), meliputi:

  • kerupuk udang goreng dihaluskan
  • bawang putih goreng
  • Garam

Bahan pelengkap sajian yang dibutuhkan, meliputi:

  • 200 gram soun, seduh dengan air panas
  • 50 gram kol, iris halus
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 3 butir telur rebus, kupas lalu belah
  • Kecap manis
  • Jeruk nipis, belah
  • Sambal cabe rawit

Langkah-langkah Membuat Soto Ambengan Khas Surabaya

  1. Pertama, ayam direbus hingga mendidih sebelum terlebih dahulu dicuci hingga bersih kemudian dipotong-potong sesuai selera
  2. Kemudian, tumis bumbu yang telah dihaluskan pada minya yang telah dipanaskan bersama dengan serai dan daun jeruk hingga tercium bau harum. Angkat lalu masukkan kedalam rebusan ayam tadi, aduk kemudian tambahkan gula beserta garam lalu masak hingga matang
  3. Selanjutnya, ayam yang telah di rebus tadi dikeluarkan dari panci, lalu digoreng sebentar sampai tampak sedikit berkulit. Kemudian ketika dirasa sudah cukup matang, ayam diangkat dari penggorengan untuk selanjutnya disuwir sebagai bahan pelengkap soto
  4. Siapkan mangkuk saji, tata kol, soun, suwiran ayam, telur kemudian siram dengan kuah serta tambahkan pelengkap utamanya bubuk poyah
  5. Semangkuk soto ambengan siap untuk disantap

Nah, berikut tadi sudah disampaikan bagaimana resep cara untuk membuat soto ambengan khas daerah Surabaya yang sangat terkenal ini. Dalam tulisan diatas, diketahui bahwa resep dan cara membuat soto ambengan hampir sama bahkan sangat mirip dengan resep soto pada umumnya. Bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan juga merupakan bumbu-bumbu yang sangat umum digunakan untuk membuat soto, sehingga sangat mudah untuk ditemukan disekitar kita. Sudah sangat tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah? Semoga berhasil ya, selamat mencoba!

Sharing is caring!